Orang Tua di Cina Marah kepada Pabrik Susu

Lambatnya respon pabrik susu bayi membuat orang tua di Cina marah besar. Pabrik susu baru menarik susu beracunnya setelah susu-susu itu beredar selama enam bulan.

“Sebagai konsumen, sebagai ibu, saya marah. Ini membuat saya tak percaya lagi pada susu-susu bikinan pabrik Cina,” kata Sherry Meng, ibu dari anak lelaki berusia lima tahun. “Soal susu tercemar ini bukan cuma salah Sanlu Group, tapi begitu banyak perusahaan susu yang terlibat,” katanya seperti dikutip Wall Street Journal.

Pemerintah Cina memang telah menyelidiki kasus adanya bahan beracun melamine pada susu bayi dan anak-anak. Mereka mendapati susu di 22 pabrik susu di Cina tercemar bahan beracun yang sebenarnya dipakai untuk membuat plastik dan pupuk itu. Yang membikin para orang tua kesal adalah lambatnya respon dari para pengusaha susu.

Skandal ini membuat banyak orang tua pindah ke susu impor. Banyak perusahaan susu asing di Cina mengatakan bahwa produk susu mereka aman karena mereka menerapkan sistem pengawasan yang ketat. Jurubicara pabrik susu Mead Johnson, di Cina, misalnya, mengatakan mereka mengimpor semua susu yang diolah di Cina. Alasan mereka susu impor yang dijadikan bahan produksi jauh lebih aman. Hal serupa dilakukan oleh grup Danone.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: