Bunyikan klakson kuat-kuat saat mesin mobil/motor mati di atas rel kereta api

Tadi pagi berangkat kerja seperti biasa jam 9 ke arah roxy lewat kolong jembatan yang  baru saya melewati rel kereta api.. eh saat melintas sudah mau melintas rel, ada bunyi tit tit tut tit tut…

Wah ada kereta mau lewat saya tengok ke kanan, bisa saya lihat kereta udah kelihatan walaupun masih jauh. Wah ternyata petugasnya terlambat membunyikan tanda. Berdasarkan pengalaman saya reflek bunyikan klakson, kebetulan di depan tidak ada mobil.

Di dalam mobil saya santai aja dan  berusaha tenang supaya mesin tidak mati. Saya bunyikan klakson terus, eh tiba-tiba tape mobil saya menyala dan saya lebih kaget lagi, kok bisa ya menyala sendiri????
Saya teringat kejadian 2 tahun lalu saat om dan tante saya terjebak di atas rel kereta api, mobil mereka tiba-tiba berhenti mendadak, mobil tidak bisa dihidupkan. Mereka panik dan reflek saja tekan klaksonnya berkali-kali dan om saya starter lagi eh ternyata mesin mobil hidup lagi dan kereta udah benar-benar  mendekat, semua orang udah berteriak, “keluar keluar”, tapi akhirnya selamat.

Saya baca buku, ternyata rel kereta menghantarkan listrik dan magnet yang membuat mesin mobil/ motor bisa mati mendadak, akan tetapi bisa diatasi dengan bunyi yang tinggi yaitu klakson ternyata berhasil memutuskan rangkaian listrik dan medan magnet.

Jadi kalau melintas rel kereta api harus hati-hati. Lebih  baik menunggu dan selamat atau dengan bunyikan klakson bisa membantu saat kita sudah terjebak di atas rel kereta api .

2 Responses

  1. terima kasih artikelnya, sangat bermanfaat

  2. makasih artikelnya. wah tapi ini asli apa hoax pak? kalau sampai kejadian taruhannya nyawa nih.

Leave a Reply

